Kemenko PMK Jadi Narasumber Variety Show Kemenkes

Radarnasional.com, Jakarta – Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Sigit Priohutomo, pagi ini mewakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menjadi narasumber dalam acara variety show Kementerian Kesehatan, di gedung MNC TV, Kebon Jeruk Jakarta Barat. Tema ‘Gerakan masyarakat hidup sehat’ ini dimaksudkan agar masyarakat dapat menyadari pentingnya hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PMT). Sehingga, menimbulkan dampak meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah; menurunnya produktivitas masyarakat; dan menurunnya daya saing. Untuk menangani hal demikian, pemerintah menjadikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi upaya dalam mewujudkan derajat kesehatan yang baik.

Dalam kesempatan ini Sigit menjelaskan bahwa saat ini telah terjadi perubahan pola perilaku hidup manusia yang cenderung tidak aktif secara fisik, mengkonsumsi makanan siap saji, serta minuman beralkohol, yang menyebabkan meningkatnya PMT. Untuk mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit, Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.  

Menteri Kesehatan, Nila F. Moelek, menambahkan, Germas adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama oleh seluruh stake holder dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Untuk mendukung langkah itu, maka perlu adanya sinergi dari semua K/L untuk mensukseskan program Germas. 

Menkes juga menjelaskan bahwa di masing-masing K/L telah rutin dilakukan senam peregangan setiap hari. Hal ini dilakukan untuk Saat ini, pemerintah juga proaktif dalam melakukan pendekatan keluarga, serta melakukan penguatan penjagaan puskesmas.

Senada dengan Menkes, Sri Danti Anwar, selaku wakil dari KemenPPPA mengatakan perlunya peran media dalam mempromosikan germas di masyarakat. Disamping itu KemenPPPA akan meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi, Germas bagi keluarga, perempuan dan anak.

Di akhir acara Sigit berharap, melalui Germas ini, dapat meningkatkan kesadaran serta tanggung jawab bahwa kesehatan itu diawali dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.  Sigit juga mengajak masyarakat bergerak ke arah hidup sehat dengan cara melakukan olahraga, makan buah dan sayur, serta melakukan cek kesehatan secara berkala. (nwi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *