Biaya Pengembangan Meningkat, Ini Penjelasan CFO Apple

Radarnasional.com, Jakarta – Dalam kurun waktu 2016, Apple telah mengeluarkan dana sebesar $2,8 miliar atau sekitar 13,3 triliun untuk membiayai penelitian dan pengembangan (R&D). Pendanaan ini berdasarkan laporan keuangannya di kuarter keempat dan disinyalir merupakan biaya terbesar yang pernah dikeluarkan Apple.

Menurut Chief Financial Officer (CFO) Luca Maestri, pengeluaran tersebut merupakan pembeda yang paling besar dari Apple dalam kompetisi dan modal yang baik bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi ke area baru.

Maestri mengatakan bahwa pengeluaran Apple berupaya pada jangka panjang. “Apple melakukan sesuatu yang tidak membuahkan penghasilan hari ini”, ujarnya saat Konferensi Goldman Sachs pada Selasa, 14 Februari 2017.

Meskipun tidak secara spesifik tidak disebutkan realisasi penggunaan dana, rumornya angka tersebut akan dihabiskan untuk membiayai proyek Apple Car dan Augmented Reality Glasses.

Langkah ini mengindikasi bahwa Apple cukup serius demi keunggulan brandnya. “Kami membuat tiga iPhones, kami biasa mengembangkan satu. Kami mengembangkan multiple iPhods, Apple Watch, Airpods, Beats headphones. Portofolio produknya besar, jadi kami butuh R&D (dana) lebih untuk mengembangkan ini,” tambah Maestri. (hmd/abd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *