Selandia Baru Lantik Perdana Menteri Bill English

Radarnasional.com, Wellington – Selandia Baru resmi mengumumkan kepada publik perihal pelantikan Perdana Menteri baru, Bill English. Melalui Partai Nasional, Bill dilantik usai partai mengadakan rapat pada Senin, 12 Desember 2016.

Pergantian jabatan terebut terjadi setelah Perdana Menteri sebelumnya, John Key memutuskan untuk menyudahi posisinya lantaran keinginan untuk mengakhiri karier ketika berada di puncak kepemimpinannya. Selain itu alasan keluarga juga menjadi faktor pertimbangannya. “Ini waktu yang tepat untuk pergi,” ungkap John dikutip dari radionz.co.nz.

Bersamaan dengan penunjukan Bill, Partai Nasional juga menunjuk Paula Bennet sebagai Deputi Perdana Menteri mendampingi Bill. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat yang disepakati oleh seluruh anggota dan pemimpin partai.

“Bill dan Paula merupakan pemimpin terkemuka yang memberikan perpaduan begitu apik dari pengalaman dan kecerdasan pemikirannya,” ujar Presiden Partai Nasional Peter Goodfellow seperti dilansir Telegraph.co.uk.

Melalui akun Twitter Bill mengungkapkan perasaan terkejutnya dan rasa tidak percaya atas terpilihnya ia sebagai Perdana Menteri baru bersama Paula.

“Excited and humbled to be elected the new Leader of the @nznationalparty with @paulabennettmp as Deputy Leader.”

Bill English menjalani karier politiknya sejak tahun 1990 dengan memulainya di kursi parlemen. Selama masa jabatannya, ia telah berkontribusi terhadap stabilitas pertumbuhan GDP New Zealand lebih dari 3 persen dan menurunkan angka pengangguran di bawah 5 persen. (hmd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *