Kowani Ajak Masyarakat Membangun Pola Hidup Sehat.

Kowani Ajak Masyarakat Membangun Pola Hidup Sehat

Radarnasional.com, Jakarta – Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan, membuat rasa prihatin Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan menyerukan untuk mulai membangun pola hidup sehat, mengingat bahwa sehat itu mahal.

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, bahwa perlu ada perubahan pola pikir untuk mengubah gaya hidup masyarakat. Apalagi aktivitas fisik dapat dilakukan dirumah, dikantor, di sekolah, di perjalanan atau di tempat umum.

“Selain itu, tidak perlu harus ke tempat olahraga, tetapi bisa juga melalui kegiatan sehari-hari di rumah seperti mencuci, mengepel dan sebagainya,” kata Giwo saat ditemui dibilangan Kuningan, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Menurutnya, aktivitas fisik bermanfaat meningkatkan keseimbangan, mengoptimalkan tumbuh kembang, mengurangi risiko kematian dini, meningkatkan kerja otot jantung dan paru. Aktivitas fisik juga bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh, mengendalikan stress, mengurangi kecemasan dan depresi.

“Mereka yang sering melakukan aktivitas fisik, otot, tulang dan sendinya akan kuat dan fleksibel. Aktifitas fisik juga memberi manfaat dalam penurunan risiko tekanan darah tinggi,” jelasnya.

Untuk itu, Kowani berharap agar Ormas Perempuan bisa dipercaya menjadi ujung tomba dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Keluarga Sehat.

”Kami berharap setiap Ormas menyisipkan dalam rangkaian kegiatannya dengan kegiatan yang melibatkan fisik seperti senam bersama, Selain itu, ormas perempuan diharapakan memberikan edukasi berupa penyuluhan tentang perilaku hidup sehat,” tutur Giwo. (cze/hlb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *