A captive Hawaiian crow (‘Alalā) using a stick tool to extract food from a wooden log.
Credit: © Ken Bohn/San Diego Zoo Global

Burung Ini Menggunakan Kayu Untuk Mencungkil Makanan

Radarnasional.com – Sebuah studi baru-baru ini menemukan seekor burung yang dapat menggunakan stik atau ranting pohon untuk mencungkil makanan. Kemampuan menggunakan alat ini ditemukan pada spesies burung Gagak Hawaii (Hawaiian Crows) dan Gagak Caledonian (New Caledonian Crows). Kedua burung tersebut mampu meraih serangga atau larva yang terdapat di lubang atau celah bongkahan batang pohon untuk dimakan. Hasil penelitian ini publikasi ke dalam jurnal Nature pada Rabu 14/9/16.

Ketua tim penelitian, Christian Rutz, menuturkan bahwa studi ini diawali oleh laporan dari penduduk Hawaii. Ia mengatakan bahwa dirinya terkadang melihat Burung Gagak menggunakan stik namun tidak mengira kalau benda itu digunakan untuk mengambil makanan. “Saya segera mengatur keberangkatan ke Hawaii,” ujar Rutz seperti yang dilansir Live Science.

Rutz dan koleganya mengamati bagaimana burung itu memiliki karakteristik fisik yang memungkinkan mereka mengendalikan sebuah alat. Gagak tersebut memiliki paruh yang lurus dan mata yang lebar dengan jangkauan penglihatan binocular.

“Burung Gagak Hawai cekatan sekali dalam menggunakan alat,” kata Rutz yang juga seorang ahli biologi di Universitas St Andrews di UK. “Apa yang kita lihat sama dengan kemampuan menggunakan alat yang ada pada Gagak Caledonian Baru.”

New Caledonian Crows dan Hawaiian Crows suka belajar sendiri menggunakan alat. Nenek moyang spesies ini terakhir kali hidup pada 11 juta tahun silam. Habitat mereka dipisahkan oleh bidang Laut Pasifik yang begitu luas. Tetapi kedua burung itu berkembang di pedalaman pulau tropis yang memiliki kondisi ekologi yang tidak biasa. Seperti berkurangnya kompetisi untuk mencari mangsa dan rendahnya bahaya predator.

“Tanpa adanya kebutuhan yang terus-menerus untuk berburu makanan atau menjamah langit sebagai predator, burung-burung dapat lebih fokus bereksperimen dengan objek di sekelilingnya,” tutup Rutz.

(hmd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *