Gantikan Budi Gunawan, Syafrudin Jadi Wakapolri.

Gantikan Budi Gunawan, Syafrudin Jadi Wakapolri

Radarnasional.com, Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan melantik Komjen Syafruddin sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Budi Gunawan. Budi diangkat menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Tito mengatakan, Syafruddin merupakan sosok yang pas mendampinginya memimpin Korps Bhayangkara. “Ya dia masuk kriteria, Besok wakapolri dilantik (Hari ini). Pak Syafruddin,” kata Tito sesuai menghadiri pelantikan Kepala BIN Budi GUnawan di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Syafruddin sudah mengenal Tito sejak berpangkat Letnan Dua (Inspektur Dua Polisi). Saat itu, Syafruddin dan Tito masih bertugas di Polda Metro Jaya.

Nama Syafruddin memang santer terdengar bakal menggantikan Budi Gunawan. Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdikpol) itu dinilai sosok yang pantas menggantikan Budi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen Agus Riyanto mengatakan, pergantian itu bakal melangsungkan serah terima jabatan, hari ini, Sabtu 10 September. Sertijab akan dilangsungkan di Rupatama Mabes Polri pukul 07.30 WIB.

Syafruddin lahir di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan, 14 April 1961. Dia juga pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2004. Kemudian, ia diangkat menjadi Wakapolda Sumatera Utara pada 2009, karirnya makin moncer hingga dianggat menjadi Kapolda Kalimantan Selatan pada 2010 dan mengemban Kepala Divis Propam Polri pada 2012. (ndi/rdp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *