Jelang Idul Adha, Terjadi Lonjakan Penumpang Bandara Soekarno-Hatta

 

Radarnasional.com, Tangerang – Jumat 9/9/16 terjadi pelonjakan penumpang Bandara Soekarno-Hatta sekitar 10-12 persen atau mencapai 138.989 penumpang dengan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 947 pesawat. Peningkatan ini disebabkan karena waktu perayaan Idul Adha 1437 H yang akan jatuh pada hari Senin 12/9/16 berada pada momen long weekend.

Plt President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Djoko Murjatmodjo memperkirakan dua hari berikutnya yaitu Sabtu dan Minggu pergerakan penumpang masih tinggi dengan jumlah masing-masing 131.619 dan 116.959 penumpang.

“Kami memperkirakan arus balik akan terjadi pada hari Senin sore hingga malam hari. Namun pada hari Senin, pergerakan penumpang sudah menurun hingga menjadi 111.302 penumpang dibandingkan hari Jumat (9/9), ujar Djoko.

Menghadapi lonjakan tersebut, Djoko Murjatmodjo mengatakan bahwa pihaknya telah siap dengan memberikan layanan yang optimal kepada pengunjung bandara. “PT Angkasa Pura II (Persero) juga telah bekerja sama pemangku kepentingan lainnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menempatkan 395 personil TNI untuk menjaga keamanan bandara,” terang Djoko.

Sementara itu momen ini dimanfaatkan oleh maskapai Sriwijaya Air dengan melakukan penerbangan ekstra atau “extra flight” dengan tujuan daerah wisata Bali dan Tanjung Karang. Pihaknya pun telah mengajukan permohonan kepada PT Angkasa Pura II (Persero) agar dapat melakukan 2 (dua) “extra flight” untuk masing-masing tujuan.

Agar tetap kondusif dan teratur, Djoko menghimbau kepada para penjemput yang menggunakan kendaraan pribadi agar dapat melakukan penjemputan di gedung parkir yang telah disediakan lobby. Himbauan ini dikhususkan bagi penumpang Garuda Indonesia pada penerbangan domestik PT Angkasa Pura II (Persero).

(hmd / Angkasa Pura II)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *