Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 12 September 2016

Radarnasional.com, Jakarta – Pemerintah menetapkan bahwa awal Zulhijah atau hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah jatuh pada tanggal 12 September 2016.

Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifudin di Kementerian Agama, Kamis (01/09/16).

Seperri dikutip Halloapakabar.com, sidang isbat dilakukan oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag, dimana posisi hilal secara astronomis berkisar antara -1 derajat 13 menit, 29 detik sampai 0 derajat 5 menit 58 detik.

“Jadi Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah jatuh pada tanggal 12 September 2016,” ujar Lukman.

Kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan 2 hal, yaitu perhitungan Hisab dan metode rukyat. Dengan hasil laporan petugas yang melakukan pengamatan bahwa dari seluruh wilayah tanah air posisi Hilal sulit untuk dilihat.

“Itu artinya posisi Hilal berada dibawah ufuk. Dan itu namanya adalah secara hitungan Hisab, Hilal sulit atau bahkan mustahil bisa dilihat,” Katanya.

Oleh karena itu, di tetapkannya Hari Raya Idul Adha pada tanggal 12 September 2016 yang akan datang, Lukman berharap agar masyarakat merayakannya dengan suka cita dan penuh rasa nikmat dari Allah SWT. (oji)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *